Monday, September 10, 2012

Ginjalku,.

Ginjal yang ada didalam tubuh manusia ini merupakan sistem eksresi yang paling penting. Dengan keadaan seperti ini, sudah bisa dinyatakan dan dijelaskan bahwa ginjal ini mempunyai peranan yang sangat luar biasa dalam tubuh manusia.

Ginjal manusia sendiri ada 2, yaitu disebelah kiri juga disebelah kanan bagian pinggang (rongga perut) yang sepintas memiliki bentuk seperti kacang merah. Ukuran ginjal sendiri memiliki dimensi panjang sekitar 10-13 cm, lebar 2-3 cm dengan ketebalan ± 2.5 cm. Jika dianalogikan, ginjal ini hampir sama dengan mouse yang ada dikomputer. Warna ginjal ini sendiri juga hampir sama dengan kacang merah atau merah keunguan.
Ginjal pada sebelah kiri lebih tinggi kedudukannya dibandingkan dengan yang sebelah kanan dikarenakan ginjal sebelah kanan terdepak oleh hati. Ginjal ini dilingkupi oleh kapsul renalis yang berfungsi sebagai pelindung dari infeksi dan luka.
berikut gambar ginjal dan bagian-bagiannya:
Selain memproduksi urine, ginjal sebenarnya memiliki sejumlah fungsi yang sangat vital. Seperti mengatur keseimbangan dan komposisi cairan di tubuh, mengatur keseimbangan asam basa, mengatur tekanan darah, menghasilkan hormon eritropoetin (EPO) untuk membantu pembentukan sel darah merah serta mengatur metabolisme tulang.
Ginjal juga merupakan penyaring zat-zat yang tidak terpakai (zat buangan atau sampah) yang merupakan sisa metabolisme tubuh, menyaring darah dan menjaga keseimbangan kimiawi tubuh.
Setiap harinya ginjal akan memproses sekitar 200 liter darah untuk menyaring atau menghasilkan sekitar 2 liter sampah dan ekstra kelebihan air. "Sampah" dan ekstra air ini akan menjadi urine, yang mengalir ke kandung kemih melalui saluran yang dikenal sebagai ureter. Urine akan disimpan di dalam kandung kemih sebelum dikeluarkan saat berkemih.

untuk lebih memahami prinsip kerja ginjal, silahkan klik link berikut: ANIMASIPEMBENTUKANURIN1

SELAMAT BELAJAR,...

No comments:

Post a Comment